WHO Mengumumkan Virus Corona COVID-19 Resmi Pandemi

GenBisnis, Jakarta – Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada hari Rabu, 11 Maret 2020, mengumumkan bahwa penyakit virus corona COVID-19 yang telah melanda setidaknya 114 negara dan menewaskan lebih dari 4.000 orang telah resmi menjadi pandemi.

“Ini adalah pandemi pertama yang disebabkan oleh virus corona,” ujar Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus dalam sebuah pengarahan di Jenewa, sebagaimana dikutip NPR.

Ini adalah pertama kalinya WHO menyebut wabah pandemi semenjak terakhir “flu babi” H1N1 pada tahun 2009.

Meskipun meningkatkan keadaan darurat kesehatan, ke tingkat tertinggi, Tedros mengatakan masih ada harapan bahwa COVID-19 dapat dikurangi. Dan dia mendesak negara-negara untuk mengambil tindakan sekarang untuk menghentikan pergerakan penyakit tersebut.

“WHO telah dalam mode respons penuh sejak kami diberitahu tentang kasus pertama,” kata Tedros. “Dan kami telah setiap hari meminta negara-negara untuk mengambil tindakan yang mendesak dan agresif. Kami telah membunyikan bel alarm dengan keras dan jelas.”

Baca Juga :  Industri Pariwisata di Bali 'Masih' Mati Suri

Delapan negara termasuk Amerika Serikat sampai sekarang masing-masing melaporkan lebih dari 1.000 kasus COVID-19, yang disebabkan oleh virus corona yang telah menginfeksi hampir 120.000 orang di seluruh dunia.

“Dalam dua minggu terakhir, jumlah kasus COVID-19 di luar Cina telah meningkat 13 kali lipat, dan jumlah negara yang terkena dampak telah meningkat tiga kali lipat,” kata Tedros.

“Pada hari-hari dan minggu-minggu mendatang, kami memperkirakan akan melihat jumlah kasus, jumlah kematian dan jumlah negara yang terkena dampak naik lebih tinggi.”

WHO “sangat prihatin, baik dengan tingkat penyebaran dan keparahan yang mengkhawatirkan dan oleh tingkat tidak bertindak yang mengkhawatirkan” oleh para pemimpin dunia dalam menanggapi wabah, kata Tedros.

“Karena itu kami telah membuat penilaian bahwa COVID-19 dapat dikategorikan sebagai pandemi,” katanya.

Baca Juga :  Supermarket Ranch Market Tetap Beroperasi Dengan Batasan

Dengan menetapkan COVID-19 menjadi pandemi, WHO menempatkan dalam kategori yang berbeda dari beberapa wabah mematikan baru-baru ini, termasuk wabah Ebola baru-baru ini di Republik Demokratik Kongo, wabah virus Zika pada tahun 2016 dan 2014 wabah Ebola di Afrika Barat. Wabah ketiga itu dianggap sebagai darurat internasional.

Di pandemi yang lalu, virus H1N1 influenza menewaskan lebih dari 18.000 orang di lebih dari 214 negara dan wilayah, menurut WHO. Dalam beberapa tahun terakhir, perkiraan lain telah menempatkan kematian H1N1 lebih tinggi.

Sumber.

2 Replies to “WHO Mengumumkan Virus Corona COVID-19 Resmi Pandemi”

  1. Sudah pandemi ya statusnya..
    Indonesia harus tanggap untuk tangani corona ini
    Jaga kebersihan diri dan kesehatan ya guys

Leave a Reply