Situs Serupa Indo XXI Menjamur, Pemblokiran Masih Lemah

GenBisnis, Jakarta – Meski IndoXXI telah tamat, situs streaming film bajakan justru kembali muncul. Metode pemblokiran oleh pemerintah dinilai masih belum ampuh.
Menurut Direktur Eksekutif ICT Institute Heru Sutadi muncul kembali situs streaming film bajakan ini memang sudah diperkirakan. Akan tumbuh lagi situs-situs serupa IndoXXI walau sudah diblokir. Ibaratnya, mati satu tumbuh seribu.

Baca juga: Google Kembali Hapus Aplikasi Mata-Mata di Playstore


“Bisa jadi memang bukan solusi jitu pemblokiran tersebut, karena permintaannya besar, sehingga orang ada yang tergiur menyediakannya,” kata Heru, Minggu (16/2/2020).

Selain itu, kalau diangkat satu-satunya pilihan pemberantasan, caranya harus dipantau setiap hari. Sebab begitu lengah, kata mantan anggora BRTI ini, situs sejenis akan muncul lagi.

Baca Juga :  Huawei : Ratusan Aplikasi Dalam 1 Minggu

Pemerintah didesak harus bisa mencari solusi persoalan ini. Menghimpun film-film Indonesia, membuat aplikasi lokal, dan menggandeng produser film internasional bisa jadi solusinya.

Baca juga: Berapa Biaya Langganan Spotify dan Netflix setelah Omnibus Law
Edukasi kepada masyarakat juga merupakan hal utama untuk mendorong masyarakat beralih dari situs streaming film bajakan yang melanggar ke yang sesuai dengan perundang-undangan, khususnya menghormati hak cipta dan penghargaan atas kreativitas yang telah dibuat.

“Yang tentunya membuat situs ilegal film-film merupakan bagian dari tidak menghargainya kita akan hak atas kekayaan intelektual pembuatnya dan tak menghargai kreativitas yang tentunya butuh ide, biaya dan usaha besar untuk membuat sebuah film,” pungkas Heru.

Baca Juga :  Driver Taksi Online Bisa Dapat Keringanan Cicilan Sampai 24 Bulan

Sumber.

Leave a Reply